Skip to main content

1. Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pembelajaran Digital


BIMA

Deskripsi

Modul Microcredential "Pembelajaran Kolaboratif di Era Digital" dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, strategi, dan teknologi yang mendukung pembelajaran kolaboratif dalam konteks digital. Modul ini mencakup 15 sesi yang tersusun secara sistematis, dimulai dari pengenalan dasar kolaborasi, hingga teknik dan alat yang mendukung kerja sama tim secara efektif dalam ruang digital. Peserta akan mempelajari bagaimana memanfaatkan lingkungan virtual, berkomunikasi dengan baik dalam tim, serta menerapkan strategi manajemen proyek kolaboratif yang sukses. Selain itu, modul ini mengajarkan penggunaan gamifikasi dan simulasi berbasis teknologi seperti VR dan AR untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Melalui evaluasi berkelanjutan dan umpan balik yang konstruktif, peserta akan dilatih untuk mengevaluasi kinerja tim secara komprehensif. Modul ini tidak hanya berfokus pada peningkatan keterampilan teknis, tetapi juga menekankan pentingnya kerja sama, komunikasi efektif, dan pemecahan masalah di era digital, mempersiapkan peserta untuk menghadapi tantangan masa depan dalam pembelajaran dan kolaborasi berbasis teknologi.

Capaian Pembelajaran

  1. Menjelaskan konsep dasar pembelajaran kolaboratif
  2. Menerapkan strategi komunikasi efektif
  3. Menggunakan teknologi dan platform digital 
  4. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah
  5. Memanfaatkan gamifikasi dan media sosial
  6. Mengevaluasi kinerja tim dan individual
  7. Beradaptasi dengan tren masa depan 
  8. Berpartisipasi aktif dalam forum diskusi

Kredit/Besaran : 3 SKS

Waktu Setiap Sesi : 510 Menit

Jenjang : Sarjana

Mata Kuliah Prasyarat : Tidak Ada

Tutor

Staff Image 1

Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A.

[email protected]

Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A. (lahir 24 Januari 1969) adalah seorang tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika asal Indonesia yang kini menjabat Rektor Universitas Pradita. Selain dikenal sebagai sosok penggerak riset informatika dan teknologi digital, Eko Indrajit adalah narasumber yang aktif di berbagai seminar, lokakarya, dan penulis buku serta jurnal yang telah dipublikasikan di dalam maupun luar negeri. Kini, ia tercatat sebagai salah satu anggota Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia dan menjadi Ketua Smart Learning and Character Center (PSLCC). PGRI yang berperan melakukan pengembangan profesi guru dan pendidikan karakter berbasis teknologi dan informasi.

Staff Image 1

Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si.

[email protected]

Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. merupakan ketua program studi magister Teknologi Pendidikan PPs UNM, sekretaris Asosiasi Program Studi TP Indonesia (APS-TPI) sejak tahun 2016 sampai sekarang. Prestasi; 9 buku ber-ISBN, 40 HKI, artikel bereputasi nasional/internasional (Sinta dan Scopus), memproduksi media pembelajaran, video, film, memperoleh penelitian dan pengabdian di tingkat Universitas dan Nasional, dosen terbaik I Fakultas tahun 2012 dan 2013, dosen terbaik II Universitas pada tahun 2013, Satya Lencana 10 tahun dari Presiden, dan Best Presenter Konferensi Internasional UNIMA Di Konaspi EST, Pemimpin Redaksi IJET, Bestari Partner Jurnal Teknodika UNS dan Jurnal Epistema UNY; Reviewer Jurnal Internasional; Asesor BAN S/M, Asesor BKD, Fasilitator Sekolah Penggerak, Sukses memelopori pembukaan Program Studi Magister (TP, PAUD, Pendidikan Bahasa Inggris PPs UNM), Tim Pembina Fakultas dan PPs UNM.

Anda dapat mengajukan pertanyaan di sini jika ada kendala

 

Enroll