Skip to main content

4.Virtual Space untuk Pengembangan Keterampilan


BIMA
Course Template

Tentang Modul ini

Judul Modul: Virtual Space untuk Pengembangan Keterampilan

Deskripsi modul:

Mulailah perjalanan transformatif dengan modul “Virtual Space untuk Pengembangan Keterampilan” kami, yang dirancang untuk para profesional dan pendidik yang ingin menguasai keterampilan dalam memberikan program pelatihan dan pengembangan yang berdampak dalam ruang virtual. Pelatihan ini membekali para peserta dengan alat dan metodologi penting untuk memfasilitasi pengembangan keterampilan secara efektif di lingkungan online, dengan memanfaatkan teknologi mutakhir dan strategi inovatif.

Siapa yang Harus Mendaftar:

Modul ini sangat ideal untuk manajer pelatihan, pendidik, perancang instruksional, dan siapa pun yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan program pengembangan keterampilan dalam lingkungan virtual. Baik Anda sedang dalam masa transisi dari pelatihan tatap muka maupun ingin meningkatkan keterampilan pelatihan virtual Anda, kursus ini memberikan keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi unggul.

Format Modul:

- Durasi: 4 jam 

- Modus Pembelajaran: Online dengan modul interaktif, dan tugas-tugas praktis

- Penilaian: Kuis, tugas proyek, dan umpan balik dari instruktur

- Sertifikasi: Peserta akan menerima sertifikat setelah berhasil menyelesaikan pelatihan

 

Bergabunglah bersama kami dan jadilah fasilitator virtual yang mahir, yang mampu memberikan program pengembangan keterampilan yang dinamis dan efektif yang selaras dengan peserta didik di dunia digital.

Capaian Pembelajaran

    Hasil Pembelajaran Utama:

  1. Dasar-dasar Pelatihan Virtual: Memahami prinsip-prinsip inti dari lingkungan pembelajaran virtual, termasuk praktik terbaik untuk keterlibatan, interaksi, dan penilaian online.
  2. Integrasi Teknologi: Dapatkan kemahiran dalam menggunakan berbagai alat dan platform digital untuk meningkatkan pengalaman pelatihan virtual, mulai dari webinar dan konferensi video hingga simulasi interaktif dan realitas virtual.
  3. Desain dan Penyampaian: Belajar merancang program pelatihan virtual yang menarik dan efektif yang memenuhi gaya dan tujuan pembelajaran yang beragam, dengan menggunakan model desain instruksional dan elemen multimedia.
  4. Keterampilan Fasilitasi: Mengembangkan teknik fasilitasi tingkat lanjut yang disesuaikan untuk pengaturan virtual, termasuk mengelola dinamika kelompok, mendorong kolaborasi, dan mempertahankan motivasi peserta.
  5. Penilaian dan Evaluasi: Menerapkan metode yang kuat untuk menilai kemajuan peserta didik dan efektivitas program, dengan menggunakan teknik evaluasi kualitatif dan kuantitatif.
  6. Pemecahan Masalah dan Adaptasi: Menguasai strategi untuk mengatasi tantangan umum dalam pelatihan virtual, seperti masalah teknis, ketidakikutsertaan, dan kebutuhan peserta yang berbeda-beda.

Persyaratan

Modul ini dapat dipelajari oleh pendidik atau tenaga pengajar pada jenjang perkuliahan atau jenjang lainnya.

Tutor

 Adhi Susilo

email: [email protected]

Universitas Terbuka

Adhi Susilo, S.Pt., M.Biotech.St., Ph.D., adalah dosen di Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Terbuka. Bidang minatnya meliputi pembelajaran jarak jauh, analisis pembelajaran dan teknologi pendidikan. Beliau memperoleh gelar Sarjana Peternakan dari Universitas Jenderal Soedirman, Master of Biotechnology Study dari Flinder University, Australia Selatan, dan Doktor of Philosophy dalam bidang Implementasi Kurikulum dan Teori dari Simon Fraser University, Kanada.

Ami

email: [email protected]

Universitas Terbuka

Ami Hibatul Jameel, S.Pd., M.A., adalah dosen di Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka. Beliau memperoleh gelar Sarjana Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, Master of Art dari The University of Nottingham, Inggris. Bidang minatnya meliputi e-learning dan desain instruksional.

KS

email: [email protected]

Universitas Pelita Harapan

Kusno Prasetya, Ph.D., adalah dosen di Program Studi Sistem Informasi. Bidang minatnya meliputi sistem informasi, kecerdasan buatan, analisis data, dan jaringan untuk permainan daring (MMOG). Beliau memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komputer dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, Magister Teknologi Informasi (Hons), dan Doktor Filsafat Teknologi Informasi (PhD) dari Bond University, Australia.

RP

email: [email protected]

Universitas Pelita Harapan

Rijanto Purbojo, M.Si., adalah dosen Program Studi Psikologi. Beliau mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan dan Psikodiagnostik. Bidang minatnya meliputi pembelajaran daring, psikologi asesmen, dan teknologi pendidikan. Beliau memperoleh gelar Sarjana dan Profesi Psikologi dari Universitas Padjajaran, Bandung, Master of Science di bidang Desain Sistem Pendidikan dan Pelatihan, dan Doktor di bidang Teknologi Instruksional dari Universiteit Twente, Enschede, Belanda. Beliau juga merupakan seorang psikolog dengan spesialisasi di bidang pendidikan dan teknologi pendidikan.

xcfh

 email: [email protected]

Universitas Pelita Harapan

Siska Wati Dewi Purba menerima gelar B.S. dalam bidang pendidikan fisika dari Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia, pada tahun 2014, dan gelar Ph.D. dalam bidang teknologi pembelajaran jaringan dari National Central University, Taoyuan City, Taiwan, pada tahun 2020. Minat penelitiannya meliputi pembelajaran di mana-mana, pembelajaran otentik, dan interaksi manusia-komputer menggunakan teknologi seluler, sensor, augmented reality, dan teknologi pengenalan

  1. Course Number

    VSUPKPM2024
  2. Classes Start

  3. Classes End

  4. Prerequisites

    BIMA DUPB2024

    You must successfully complete BIMA DUPB2024 before you begin this course.

Enroll