Skip to main content

1.Pembelajaran Daring Kolaboratif


PRIUT

Deskripsi

Mata kuliah Pembelajaran Daring Kolaboratif dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep, teori, dan penerapan pembelajaran berbasis teknologi yang memungkinkan interaksi dan kerja sama antar peserta didik secara daring. Peserta akan mempelajari berbagai platform digital dan alat yang mendukung kolaborasi, seperti Learning Management System (LMS), forum diskusi, dan alat komunikasi sinkron dan asinkron.

Topik yang dibahas mencakup desain instruksional kolaboratif, model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), peran fasilitator dalam pembelajaran daring, serta tantangan dan strategi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan interaktif. Peserta akan terlibat dalam studi kasus dan proyek kelompok untuk menerapkan teori dalam situasi pembelajaran yang nyata, dengan fokus pada pengembangan keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan kerja tim dalam konteks virtual. dengan mengadopsi teori Dinamika Kelompok

Melalui mata kuliah ini, peserta akan siap menghadapi tantangan pembelajaran digital modern serta memahami bagaimana memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kolaborasi dalam proses pendidikan.

Capaian Pembelajaran

Pertemuan 1. Pengantar dan Definisi:

  1. Menjelaskan definisi pembelajaran daring kolaboratif.
  2. Mengidentifikasi perbedaan antara pembelajaran daring individu dan
    kolaboratif.
  3. Menguraikan manfaat pembelajaran daring kolaboratif dalam konteks pendidikan tinggi.

Pertemuan 2. Teknologi dan Platform Pembelajaran Daring Kolaboratif

  1. Mengindetikasi platform dan tools yang mendukung pembelajaran
    kolaboratif (misalnya, Google Workspace, Microsoft Teams, Slack, Trello).
  2. Menggunakan platform untuk kolaborasi (video conference, berbagi
    dokumen, diskusi kelompok).

Pertemuan 3. Strategi dan Metode Kolaborasi Pembelajaran Daring Kolaboratif

  1. Mengidentifikasi strategi kolaborasi yang efektif dalam pembelajaran daring
  2. Menggunakan metode brainstorming, mind mapping, dan diskusi kelompok
    dalam pembelajaran daring kolaboratif.

Pertemuan 4. Pengelolaan Waktu dan Proyek

  1. Memilih teknik manajemen waktu dalam proyek kolaboratif pembelajaran
    daring
  2. Menggunakan tools seperti Gantt chart atau Kanban board untuk mengelola
    tugas dan deadline.

Pertemuan 5. Kolaborasi Sinkron dan Asinkron
a. Pembelajaran Sinkron:

  1. Menjelaskan definisi dan contoh pembelajaran sinkron.
  2. Menguraikan cara mengelola waktu dan ruang dalam pertemuan daring
    sinkron.
  3. Memaparkan penggunaan aplikasi video conference secara efektif.

b. Pembelajaran Asinkron:

  1. Menjelaskan definisi dan contoh pembelajaran asinkron.
  2. Menjelaskan pemanfaatan forum diskusi, tugas tertulis, dan kolaborasi
    dokumen secara asinkron.
  3. Mengidentifikasi Teknik untuk menjaga engagement dalam pembelajaran
    asinkron.

Kredit/Besaran : 2 SKS

Waktu Setiap Sesi : 340 Menit

Jenjang : Sarjana

Mata Kuliah Prasyarat : Tidak Ada

Tutor

Staff Image 1

Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A.

[email protected]

Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A. (lahir 24 Januari 1969) adalah seorang tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika asal Indonesia yang kini menjabat Rektor Universitas Pradita. Selain dikenal sebagai sosok penggerak riset informatika dan teknologi digital, Eko Indrajit adalah narasumber yang aktif di berbagai seminar, lokakarya, dan penulis buku serta jurnal yang telah dipublikasikan di dalam maupun luar negeri. Kini, ia tercatat sebagai salah satu anggota Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia dan menjadi Ketua Smart Learning and Character Center (PSLCC). PGRI yang berperan melakukan pengembangan profesi guru dan pendidikan karakter berbasis teknologi dan informasi.

Staff Image 1

Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si.

[email protected]

Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. merupakan ketua program studi magister Teknologi Pendidikan PPs UNM, sekretaris Asosiasi Program Studi TP Indonesia (APS-TPI) sejak tahun 2016 sampai sekarang. Prestasi; 9 buku ber-ISBN, 40 HKI, artikel bereputasi nasional/internasional (Sinta dan Scopus), memproduksi media pembelajaran, video, film, memperoleh penelitian dan pengabdian di tingkat Universitas dan Nasional, dosen terbaik I Fakultas tahun 2012 dan 2013, dosen terbaik II Universitas pada tahun 2013, Satya Lencana 10 tahun dari Presiden, dan Best Presenter Konferensi Internasional UNIMA Di Konaspi EST, Pemimpin Redaksi IJET, Bestari Partner Jurnal Teknodika UNS dan Jurnal Epistema UNY; Reviewer Jurnal Internasional; Asesor BAN S/M, Asesor BKD, Fasilitator Sekolah Penggerak, Sukses memelopori pembukaan Program Studi Magister (TP, PAUD, Pendidikan Bahasa Inggris PPs UNM), Tim Pembina Fakultas dan PPs UNM.

Anda dapat mengajukan pertanyaan di sini jika ada kendala

 

Enroll