4.Ruang Maya Untuk Pembelajaran dan Pemecahan Masalah
PRIUT

Ruang Maya untuk Pembelajaran dan Pemecahan Masalah
Deskripsi Mata Kuliah
Di era digital saat ini, akuisisi dan peningkatan keterampilan telah berevolusi menggunakan lingkungan pembelajaran berbasis ruang virtual. Kursus komprehensif ini menawarkan pendalaman yang mendalam ke dalam dunia pembelajaran virtual, mulai dari mendefinisikan konsep hingga mengeksplorasi keuntungan, tantangan, dan tren masa depannya. Baik Anda seorang pendidik, pelajar, atau profesional yang ingin meningkatkan keterampilan, kursus ini akan membekali Anda dengan pengetahuan dan alat untuk menavigasi dan berkembang dalam lingkungan pengembangan keterampilan virtual.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelatihan ini, para peserta akan dapat:
- Mendefinisikan pengembangan keterampilan berbasis ruang virtual
- Mengenali karakteristik pengembangan ketrampilan berbasis ruang virtual, termasuk aksesibilitas, interaktivitas, dan kemampuan beradaptasi.
- Membedakan berbagai jenis lingkungan pembelajaran berbasis ruang virtual, seperti webinar, ruang kelas virtual, simulasi 3D, dan augmented reality (AR),
- Menilai kesesuaian ruang virtual untuk berbagai tujuan pengembangan keterampilan.
- Menerapkan praktik dan strategi terbaik untuk memfasilitasi lingkungan pembelajaran virtual, termasuk membuat konten yang menarik, memberikan pelatihan instruktur yang efektif, dan mempersonalisasi pengalaman belajar.
- Memanfaatkan alat dan teknologi online, termasuk sistem manajemen pembelajaran (LMS), platform webinar dan konferensi video, perangkat lunak e-learning interaktif, serta alat virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), untuk meningkatkan pengembangan keterampilan di lingkungan virtual.
Materi
Pada akhir setiap modul, Anda akan dapat:
Modul 1: Pengenalan Lingkungan Belajar Berbasis Ruang Virtual
Memahami konsep dan karakteristik pengembangan keterampilan berbasis ruang virtual.
Menjelajahi beragam lingkungan virtual, mulai dari kursus online hingga pengalaman VR yang imersif.
Modul 2: Keuntungan dan Tantangan Pengembangan Keterampilan Berbasis Ruang Virtual
Keuntungan Pembelajaran Berbasis Ruang Virtual
Tantangan Berbasis Ruang Virtual
Modul 3: Teknik Fasilitasi dalam Lingkungan Virtual:
Pemanfaatan Pemahaman Komprehensif tentang Metode Pengajaran Daring dan Demonstrasi Teknologi.
Model 5 tahap menawarkan cara-cara untuk merancang dan memberikan pengalaman belajar.
Modul 4: Memanfaatkan Alat dan Teknologi Online
Dapatkan pengalaman langsung dengan alat-alat penting seperti Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS), platform webinar, dan banyak lagi.
Memahami bagaimana perangkat lunak e-learning interaktif dan perangkat virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) dapat meningkatkan pengalaman belajar
Modul 5: Tren Masa Depan dalam Pengembangan Keterampilan Berbasis Ruang Virtual
Jelajahi peran Kecerdasan Buatan (AI) dan Pembelajaran Mesin yang terus berkembang dalam pembelajaran yang dipersonalisasi dan penilaian keterampilan.
Pelajari tentang integrasi pembelajaran virtual dengan ruang kelas tradisional dalam model pembelajaran hibrida.
Temukan kemajuan terbaru dalam teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) serta dampaknya terhadap pengembangan keterampilan.
Ujian Akhir
Tujuan Pembelajaran
Topik: Teknik Fasilitasi dalam Lingkungan Virtual:
Kata Pengantar : Saat kita menavigasi melalui kursus ini, Anda akan memulai perjalanan transformatif yang akan membekali Anda dengan pengetahuan dan teknik yang diperlukan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi, dan pengalaman belajar yang bermakna di lingkungan virtual. Saat kita memulai perjalanan ini, saya mendorong Anda untuk mendekatinya dengan rasa ingin tahu, keterbukaan, dan kemauan untuk beradaptasi. Teknik fasilitasi virtual yang akan Anda peroleh bukan hanya alat; mereka adalah blok bangunan komunikasi dan kolaborasi yang efektif di era digital.
Hasil Pembelajaran Umum:
Pemanfaatan Pemahaman Komprehensif tentang Metode Pengajaran Online dan Demonstrasi Teknologi.
Capaian Pembelajaran Umum:
Pemanfaatan Pemahaman Komprehensif tentang Metode Pengajaran Online dan Demonstrasi Teknologi.
Model 5 tahap menawarkan cara-cara untuk merancang dan memberikan pengalaman belajar.
- Pembelajaran berkelanjutan melalui perangkat online telah menjadi hal yang penting untuk kesuksesan karier dan daya saing dalam lingkungan kerja yang berubah dengan cepat saat ini. Era digital telah merevolusi cara orang mendapatkan keterampilan dan pengetahuan melalui kursus online, webinar, komunitas, dan platform. Hal ini memberikan kesempatan bagi setiap individu untuk mengendalikan pengembangan profesional mereka yang sedang berlangsung.
- Memanfaatkan sumber daya digital untuk pertumbuhan profesional kini menjadi pergeseran paradigma, bukan hanya tren. Baik profesional yang berpengalaman maupun lulusan baru dapat memperoleh manfaat besar dengan memanfaatkan peluang online yang melimpah. Panduan ini mengeksplorasi cara memanfaatkan berbagai teknologi online untuk mendorong kemajuan karier, termasuk keuntungan, tantangan, dan contoh-contoh nyata. Panduan ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana merangkul pembelajaran online melalui alat bantu dan komunitas dapat membantu memperluas pengetahuan, membangun keterampilan, dan menghubungkan para profesional tanpa memandang tingkat pengalaman atau tujuan mereka.
Penilaian & Kegiatan
Modul 1: Pengenalan Lingkungan Belajar Berbasis Ruang Virtual
|
- Menonton 3 Video - Bahan Bacaan - Kuis modul 1 Dalam kuis ini, Anda akan menjawab 5 pertanyaan pilihan ganda berdasarkan apa yang telah Anda pelajari tentang konsep dan karakteristik pengembangan keterampilan berbasis ruang virtual dan mengeksplorasi beragam lingkungan virtual.
- Forum Diskusi Dalam forum ini, Anda akan menjawab 1 pertanyaan terbuka. |
Modul 2: Keuntungan dan Tantangan Pengembangan Keterampilan Berbasis Ruang Virtual: |
- Menonton 1 Video - Bahan Bacaan - Kuis modul 2 Untuk kuis ini, Anda akan menjawab 5 pertanyaan pilihan ganda berdasarkan apa yang telah Anda pelajari tentang konsep dan karakteristik pengembangan keterampilan berbasis ruang virtual dan mengeksplorasi beragam lingkungan virtual. - Forum Diskusi Dalam forum ini, Anda akan menjawab 1 pertanyaan terbuka. |
Modul 3: Teknik Fasilitasi dalam Lingkungan Virtual: |
- Menonton 1 Video - Bahan Bacaan - Kuis modul 3 Untuk kuis ini, Anda akan menjawab 5 pertanyaan pilihan ganda berdasarkan apa yang telah Anda pelajari tentang Keuntungan dan Tantangan Pengembangan Keterampilan Berbasis Ruang Virtual.
- Forum Diskusi Dalam forum ini, Anda akan menjawab 1 pertanyaan terbuka. |
Modul 4: Memanfaatkan Alat dan Teknologi Online |
- Menonton 2 Video - Bahan Bacaan - Kuis modul 4
Untuk kuis ini, Anda akan menjawab 5 pertanyaan pilihan ganda berdasarkan apa yang telah Anda pelajari tentang Teknik Fasilitasi di Lingkungan Virtual - Forum Diskusi Dalam forum ini, Anda akan menjawab 1 pertanyaan terbuka. |
Modul 5: Tren Masa Depan dalam Pengembangan Keterampilan Berbasis Ruang Virtual
|
- Menonton 2 Video - Bahan Bacaan - Kuis modul 5 Untuk kuis ini, Anda akan menjawab 5 pertanyaan pilihan ganda berdasarkan apa yang telah Anda pelajari tentang Tren Masa Depan dalam Pengembangan Keterampilan Berbasis Ruang Virtual.
- Forum Diskusi Dalam forum ini, Anda akan menjawab 1 pertanyaan terbuka.
|
Ujian Akhir
Untuk ujian akhir ini, Anda akan menjawab beberapa pertanyaan pilihan ganda berdasarkan apa yang telah Anda pelajari tentang Ruang Maya untuk Pembelajaran dan Pemecahan Masalah.
|
Textbooks and References
- Martín-Gutiérrez, J., Mora, C. E., Añorbe-Díaz, B., & González-Marrero, A. (2017).
- Virtual Technologies Trends in Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(2), 469-486
- Attallah,B.(2020)."Post COVID-19 Higher Education Empowered Virtual Worlds and Applications. Higher Education Trend" International Conference on Information Technology Trends (ITT).
- Tarlor, L, (2023)."Constructing Online Work-Based Learning Placements Approaches to Pedagogy, Design, Planning and Implementation.
- Cultural Views on Online Learning in Higher Education: A Seemingly Borderless Class (Cultural Psychology of Education, 13) 1st ed. 2020 Edition.
- Virtual and Augmented Reality (VR/AR) Foundations and Methods of Extended Realities (XR) ISBN 978-3-030-79061-5 ISBN 978-3-030-79062-2.
- Digital Pedagogy The Use of Digital Technologies in Contemporary Education, Springer Briefs in Education Open and Distance Education
Tutor
email: [email protected] |
Adhi Susilo, S.Pt., M.Biotech.St., Ph.D., adalah dosen di Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Terbuka. Bidang minatnya meliputi pembelajaran jarak jauh, analisis pembelajaran dan teknologi pendidikan. Beliau memperoleh gelar Sarjana Peternakan dari Universitas Jenderal Soedirman, Master of Biotechnology Study dari Flinder University, Australia Selatan, dan Doktor of Philosophy dalam bidang Implementasi Kurikulum dan Teori dari Simon Fraser University, Kanada. |
email: [email protected] |
Ami Hibatul Jameel, S.Pd., M.A., adalah dosen di Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka. Beliau memperoleh gelar Sarjana Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, Master of Art dari The University of Nottingham, Inggris. Bidang minatnya meliputi e-learning dan desain instruksional. |
email: [email protected] |
Kusno Prasetya, Ph.D., adalah dosen di Program Studi Sistem Informasi. Bidang minatnya meliputi sistem informasi, kecerdasan buatan, analisis data, dan jaringan untuk permainan daring (MMOG). Beliau memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komputer dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, Magister Teknologi Informasi (Hons), dan Doktor Filsafat Teknologi Informasi (PhD) dari Bond University, Australia. |
email: [email protected] |
Dr. Rijanto Purbojo, M.Si., adalah dosen Program Studi Psikologi. Beliau mengajar mata kuliah Psikologi Pendidikan dan Psikodiagnostik. Bidang minatnya meliputi pembelajaran daring, psikologi asesmen, dan teknologi pendidikan. Beliau memperoleh gelar Sarjana dan Profesi Psikologi dari Universitas Padjajaran, Bandung, Master of Science di bidang Desain Sistem Pendidikan dan Pelatihan, dan Doktor di bidang Teknologi Instruksional dari Universiteit Twente, Enschede, Belanda. Beliau juga merupakan seorang psikolog dengan spesialisasi di bidang pendidikan dan teknologi pendidikan. |
email: [email protected] |
Siska Wati Dewi Purba menerima gelar B.S. di bidang pendidikan fisika dari Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia, pada tahun 2014, dan gelar Ph.D. di bidang teknologi pembelajaran jaringan dari National Central University, Taoyuan City, Taiwan, pada tahun 2020. Minat penelitiannya meliputi pembelajaran di mana saja, pembelajaran otentik, dan interaksi manusia-komputer menggunakan teknologi seluler, sensor, augmented reality, dan teknologi pengenalan. |