Skip to main content

Gambar Ilustrasi


UNIMEDx
Enrollment in this course is by invitation only

Nama Mata Kuliah : Gambar Ilustrasi, Kode Mata Kuliah : 3SRP49017, SKS : 3

Assalamualaikum, Salam sehat untuk kita semua. Perkenalkan nama Saya Adek Cerah Kurnia Azis, S.Pd., M.Pd., pada kesemptan ini kita akan mempelajarai pembelajaran tentang Gambar Ilustrasi hingga pertemuan ke-enam nantinya. Terima Kasih. 

Adek Cerah Kurnia Azis

Nama : Adek Cerah Kurnia Azis, S.Pd., M.Pd., Email : adek_peros@yahoo.com, IG : accer999, illustration7120, accer99, dan accer682.

Deskripsi Mata Kuliah : Mata Kuliah Gambar Ilustrasi mengkaji secara teoritis dan praktis tentang Gambar Ilustrasi yang mencakup pengetahuan tentang Gambar Ilustrasi, teknik Menggambar Ilustrasi, proses kreasi berkarya, serta pengayaan tugas project Gambar Ilustrasi. 

Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa : Mata Kuliah ini berguna bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan secara teoris dan praktik dalam memahami dan membuat cover buku, cerita bergambar, mural, grafiti, komik, kartun, dan karikatur. 

Capaian Pembelajaran : Mahasiswa mampu menguasai konsep teoritis dan praktik tentang Gambar Ilustrasi secara holistik, mahasiswa mampu merumuskan penyelesaian permasalahan dalam dunia Gambar Ilustrasi secara sistematis, komprehensif, dan terukur, mahasiswa mampu mengaplikasikan teori dan metode-metode praktik tentang Gambar Ilustrasi dalam tugas-tugas yang sesuai dengan konsep dan langkah kerja menggambar ilustrasi, mahasiswa mampu beradaptasi terhadap situasi/ tantangan yang dihadapi dalam penyelesaian tugas menggambar, dan mahasiswa mampu mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab berdasarkan analisis data dan referensi (visual), dan mahasiswa mampu memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. 

Peta Urutan Bahan Ajar : 1). Pertemuan 1 mahasiswa memahami secara teoritis tentang Gambar Ilustrasi, 2). Pertemuan 2 & 3  merancang Gambar Ilustrasi cover novel, 3). Pertemuan 4 & 5 merancang Gambar Ilustrasi cover buku cerita bergambar, 4). Petemuan 6 & 7 merancang desain mural dan grafiti, 5). 8 & 9 membuat komik, 6). 10 s.d 15 membua kartun dan karikatur. 

Petunjuk : Mahasiswa dapat mengakses bahan ajar ini dimanapun dan kapanpun dengan log in menggunakan username dan password yang telah diregistrasikan, semua informasi akan diupdate kapanpun, jadi mahasiswa diharapkan untuk selalu mengakses web ini secara berkesinambungan untuk mengupdate informasi penting yang telah diperbaharui dalam web ini.