Skip to main content

Model Peningkatan Keterampilan Digital Dosen Indonesia


BIMA
Enrollment in this course is by invitation only

 

Deskripsi Program

Program Mikrokredensial ini bertujuan untuk membekali dosen dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dalam pengajaran di era digital. Terdapat enam mata kuliah yang dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis, serta pengalaman belajar yang interaktif. Peserta akan belajar bagaimana menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif, personalisasi pengalaman belajar, serta mendesain dan memproduksi materi pembelajaran digital yang efektif. Selain materi teks, peserta juga akan mendapatkan video pembelajaran dalam bentuk e-journey, yang menggabungkan konten visual dengan narasi untuk memperkaya pengalaman belajar.

Mata Kuliah yang Ditempuh:

  1. Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pembelajaran Digital Ergonomics
  2. Evaluasi Pembelajaran berdasarkan Kinerja
  3. Data Untuk Personalisasi Belajar
  4. Virtual Space untuk Pengembangan Keterampilan
  5. Virtual Space Untuk Pemecahan Masalah
  6. AI dalam pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan program ini, peserta diharapkan mampu:

  1. Menerapkan strategi pembelajaran kolaboratif yang efektif untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa.
  2. Menggunakan metode evaluasi yang tepat untuk menilai kinerja proses pembelajaran dan memberikan umpan balik konstruktif.
  3. Menggunakan data analitik untuk menciptakan pengalaman belajar yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan siswa.
  4. Mengelola ruang virtual yang mendukung pengembangan keterampilan melalui aktivitas praktis dan kolaboratif.
  5. Menciptakan ruang virtual yang efektif untuk memfasilitasi pemecahan masalah dan diskusi antar siswa.
  6. Mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan dalam pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pengajaran.

Manfaat Pembelajaran

  • Keterampilan Digital yang Ditingkatkan: Dosen akan memperoleh keterampilan digital yang esensial untuk mengadaptasi teknologi dalam pengajaran.
  • Lingkungan Pembelajaran Interaktif: Dosen akan belajar menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif, meningkatkan keterlibatan siswa.
  • Personalisasi Pengalaman Belajar: Dosen dapat memanfaatkan data untuk menyesuaikan pengalaman belajar siswa, memberikan pendekatan yang lebih efektif dan relevan.
  • Pengembangan Ruang Virtual: Dosen akan dibekali kemampuan untuk membangun ruang virtual yang mendukung pengembangan keterampilan dan pemecahan masalah.
  • Integrasi Kecerdasan Buatan: Pemahaman tentang penerapan kecerdasan buatan dalam pendidikan akan membantu dosen untuk meningkatkan efektivitas pengajaran dan analisis pembelajaran.

Peserta Program:

Program Mikro-Kredensial ini diperuntukkan bagi tenaga pengajar di lingkungan perguruan tinggi dan tenaga pengajar pada umumnya.

Mata Kuliah Utama

1.Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pembelajaran Digital

2.Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kinerja

3.Data Untuk Personalisasi Belajar

4.Virtual Space untuk Pengembangan Keterampilan

5.Virtual Space Untuk Pemecahan Masalah

6.AI dalam Pembelajaran

Final Assessment

Untuk menyelesaikan program ini, peserta harus menyelesaikan final assessment, yang mencakup proyek akhir berdasarkan pembelajaran yang telah diperoleh selama kursus. Proyek ini dirancang untuk menguji keterampilan dalam mengelola ruang pembelajaran digital, menerapkan teknologi AI, dan menggunakan data analitik untuk personalisasi belajar.

Assessment Final

Assessment Final