Skip to main content

Paket Mikrokredensial Keterampilan Digital Dosen di Indonesia


PRIUT
Enrollment in this course is by invitation only

Deskripsi Program

Program yang secara sistematis dirancang khusus untuk memfasilitasi dosen dalam mengikuti transformasi digital terutama mengembangkan dan menyelenggarakan pembelajaran daring di kampus. Program Mikrokredensial Kompetensi Digital Dosen diselenggarakan secara daring selama 40 jam, dengan memanfaatkan data dan teknologi baru untuk pembelajaran. Program ini memiliki 4 mata kuliah:

  1. Pembelajaran Daring Kolaboratif
  2. Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kinerja
  3. Data Pembelajaran Untuk Personalisasi Pembelajaran
  4. Ruang Maya Untuk Pembelajaran dan Pemecahan Masalah

Capaian Program Mikrokredensial

Program Mikrokredensial Kompetensi Digital Dosen bertujuan untuk membekali dosen dengan berbagai capaian yang signifikan dalam pengajaran daring. Setelah mengikuti program ini, dosen diharapkan mampu memanfaatkan teknologi digital secara efektif dalam pembelajaran, merancang dan mengimplementasikan pembelajaran kolaboratif yang interaktif, serta menggunakan metode evaluasi berdasarkan kinerja untuk memberikan umpan balik yang konstruktif. Mereka juga akan terampil dalam menggunakan data pembelajaran untuk personalisasi pengalaman siswa, menciptakan ruang maya yang mendukung diskusi dan pemecahan masalah, dan beradaptasi dengan cepat terhadap transformasi digital dalam pendidikan. Selain itu, program ini meningkatkan kualitas pengajaran dosen, memperkuat jaringan profesional antar peserta, dan memberikan sertifikasi resmi sebagai pengakuan atas kompetensi yang telah diperoleh, yang pada akhirnya meningkatkan kredibilitas mereka di lingkungan akademik.

Manfaat Program Mikrokredensial

Program ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan dosen dalam menghadapi transformasi digital di dunia pendidikan, dengan fokus pada pengembangan dan penyelenggaraan pembelajaran daring. Program ini tidak hanya meningkatkan kompetensi digital dosen, tetapi juga mempersiapkan dosen untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan partisipatif, serta menyesuaikan pengalaman belajar mahasiswa melalui data yang relevan. Dengan pendekatan ini, dosen dapat meningkatkan kualitas pengajaran mereka, beradaptasi dengan tuntutan pendidikan modern, dan membangun jaringan profesional dengan sesama peserta, sehingga memperoleh sertifikasi resmi yang menambah nilai pada portofolio mereka.

Berikut adalah keempat mata kuliah yang harus diselesaikan oleh dosen: